Home PRO JUSTICE
Rabu, 25 November 2009 | 09:50
Haris Harto Minta Rini Dihukum dan Bayar Rp 5 M


Rabu, 25 November 2009
BINJAI-KISRUH Partai Golkar dalam menentukan Ketua DPRD Binjai antara Haris Harto dan Rini Sofyanti, sidangnya masih bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Binjai. Kemarin (23/11) siang, perkara yang diklaim berdampak pada kinerja DPRD Binjai itu kembali digelar dengan agenda mendengarkan kesimpulan dari tergugat dan penggugat.
Dalam kesimpulannya, Irwansyah Putra selaku kuasa hukum Haris Harto menyatakan, permintaanya kepada mejelis hakim untuk mengabulkan gugatan Haris Harto, sebab Rini sudah melanggar hukum dengan melanggar mekanisme ketentuan dewan. “Kami minta hakim mengabulkan gugatan ini sepenuhnya, dan menyatakan sah atas sita jaminan yang dilakukan, serta menyatakan perbuatan Rini telah melawan hukum,” ujar Irwansyah.
Selain kesimpulan itu, kesimpulan lainnya yang diungkap Irwansyah yakni, meminta hakim untuk menghukum tergugat I (Rini Sofyanti) agar mengundurkan diri dari Ketua Pimpinan DPRD Kota Binjai periode 2009-2014 dan tergugat II agar membatalkan surat DPD Partai Golkar Sumatera Utara No. PB-1256/GK/-SU/Ix/2009 tertanggal 15 September 2009, terkait penetapan Rini sebagai Ketua DPRD Binjai.
“Selain tergugat I dan tergugat II. Yang ikut tergugat juga harus mematuhi putusan yang sudah kita buat, dan tergugat I, II dan turut tergugat agar membayar ganti rugi moril kepada penggugat berupa uang sebesar Rp 5 miliar, dan membayar uang paksa sebesar Rp 500 ribu serta membayar segala biaya dalam perkara ini,”ungkapnya. Irwansyah menambahkan, jika hakim tidak sependapat dengan kesimpulan yang dibuatnya, maka majelis hakim harus memutuskan dengan seadil- adilnya.
“Kalau majelis hakim berpendapat lain kita hanya bisa minta agar perkara ini diputuskan seadil-adilnya,”ucap Irwansyah. Sementara itu dari pihak tergugat saat dimintai keterangan enggan memberikan penjelasan, dan langsung pergi tanpa sepatah katapun. Sidang yang digelar majelis hakim dengan menyerahkan kesimpulan dari tergugat dan penggugat berlangsung singkat berakhir sekira pukul 13.54 WIB. Untuk sidang berikutnya akan digelar Kamis (26/11) dengan agenda putusan. (smg)