MEDAN KOTA-DERITA pedagang kaki lima (PKL) Kota Medan tak kunjung henti. Di tengah ketakutan penggusuran oleh penguasa, 24 kios di Jl Bulan, Pusat Pasar, Medan Kota, dilahap si jago merah, kemarin malam.
Hasil penyidikan, api berasal dari warung kopi milik pria yang acap disapa Tengku. Diduga, pedagang minuman pinggiran ini lupa mematikan kompornya hingga membakar lapak pedagang lainnya.
Pemilik kios berdinding kayu, beruntung. Lapak mereka selamat setelah aksi heroik petugas pemadam kebakaran, selama setengah jam. Empat unit mobil pemadam diterjunkan.
Tim pemadam sempat kesulitan. Sebab aliran listrik menyala saat api menguasai daerah itu. Setelah kordinasi dengan polisi, barulah bara sisa amukan si jago merah dipadamkan.
Menurut M Tanjung, saksi mata, api dilihatnya berasal dari warung kopi milik Tengku. Tadinya, dia mencoba memadamkannya. Namun M Tanjung tak berdaya karena api terus menyambar. Dia berteriak meminta bantuan warga. Hanya selang beberapa menit, petugas tiba di lokasi.
Sampai kemarin malam, pemilik kios kayu yang menjual aneka ragam, seperti warung kopi, bunga, rempah-rempah, warung nasi dan buah-buah, diduga belum ada yang tahu tempat usahanya terbakar. Lantaran tak satupun dihuni.
Br Manurung yang ditemui di lokasi mengatakan, saat api mulai membakar lokasi itu, dia sedang berdiri di simpang. “Aku lihat api sudah marak. Aku teriak minta tolong,” ucap ibu bertubuh gemuk pendek ini seraya menghisap rokok.
Pantauan POSMETRO MEDAN, puluhan warga memadati lokasi kebakaran. Sementara personil Polsek Medan Kota, terlihat turun guna menggelar penyelidikan dan olah TKP.
3 Toko di Binjai Kota
Masih akibat si jago merah, 3 toko di Jl Pembangunan Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, ludas terbakar. Jibunan warga langsung memadati lokasi itu hingga memacetkan jalan.
Dugaan sementara, kebakaran itu akibat hubungan arus pendek listrik. Kata sejumlah saksi mata, api berasal dari toko barang pecah belah no 47 milik Budiman (62). “Waktu kejadian, aku sedang di Jalan Bangkatan,” katanya.
Api cepat berkobar dan merembet ke toko jajanan no 49 milik Vera (45). Selanjutnya api juga melahap bangunan lain yang bersebelahan dengan toko no 47. “Setiap malam, toko-toko itu memang tak ditempati pemiliknya,” kata Mirza (42).
Kasat Reskrim Polres Binjai, AKP M Taufik SE MHum mengatakan, belum bisa memastikan penyebab kebakaran. “Sedang kita selidiki, mungkin karena arus pendek. Kerugian saat ini belum bisa diketahui,” katanya. (aswin/reza)

 

Sumber: Posmetro Medan